Subscribe to RSS feeds

Friday, July 20, 2012

[Kisah] Bercocok Tanam di Surga

Pada suatu hari Rosulullah shallallahu'alaihi wa sallam berbincang-bincang (dengan para sahabatnya. -pen) sedang di sisinya ada seorang laki-laki Arab Badui (ndeso. -pen). Beliau Shallallahu'alaihi wa sallam bercerita :


Sesungguhnya ada seorang penduduk surga yang meminta kepada RobbNya untuk bertani. Maka Allah berfirman : "Bukankah engkau sudah mendapatkan apa yang engkau inginkan?" Orang itu menjawab: "Iya, tetapi aku senang bercocok tanam." Allah subhanahu wa ta'ala mengizinkannya.
Kemudian ia pun segera menebar benih, dan dalam waktu sekejap, (benih itu) tumbuh, berbuah, meranum, dan (dalam waktu sekejap itu) tibalah waktunya panen. Hasilnya pun (menumpuk) seperti gunung. Kemudian Allah mengatakan: "Wahai anak Adam, ambillah (semuanya), sesungguhnya hal itu tidak akan mengenyangkanmu sedikitpun." 


Maka dia (laki-laki Arab Badui itu) berkata : "Demi Allah, tidaklah engkau jumpai mereka melainkan (mereka adalah) orang-orang Quraisy atau orang-orang Anshor, karena mereka adalah orang-orang yang suka bertani. (Sedangkan kami bukan orang-orang yang suka bercocok tanam, Red)." Maka nabi shallallahu'alaihi wa sallam pun tertawa.


(kisah di atas diriwayatkan oleh Imam al-Bukhori dalam Kitabul-Hartsi wal--Muzaro'ah: 2348 dan juga oleh Imam Ahmad: 2/512)

Artikel yang berkaitan



0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan


Shoutbox